Toko Notnet

Fiture – Fiture Terbaru Pada Windows 8

Sunday, April 6th 2014.

 

Windows 8 telah ada di pasaran dunia, ada versi download atau bisa langsung di Store Windows di berbagai belahan dunia. Jika kalian ingin juga mengupgrade Windows 7 menjadi windows 8, Windows menyediakan langsung di websitenya. Windos 8 hadir dengan tampilan yang elegan dan ramah dengan sentuhan, namun tetap kompatibel dengan mouse dan keyboard fisik. Walaupun dioptimalkan untuk perangkat dengan dukungan layar sentuh, Windows 8 memiliki opsi yang memungkinkan Anda untuk beralih dari mode sentuh ke mode dekstop dengan tampilan layaknya Windows 7.

windows 8

Windows 8 menurut Santekno, tampilanya lebih ke pewarnaan blok sehingga berbagai warna disini terlihat mencolik sekali dan terlihat mencolok warna tersebut membuat mata jernih melihatnya.
Apa saja yang baru dari Windows 8? berikut ini kami sajikan fitur terbaru dari Windows 8 yang layak Anda ketahui.
Terlihat seperti banyak aplikasi yang berada di background windows 8 tetap mengoptimalkan performa yang baik dengan Windows GUI yang menarik tapi murah di dalam memory sehingga tidak memperberat kinerja RAM dan prosessor.
Microsoft telah memaksimalkan performa Windows 8, oleh karena itu di pertegas bahwa sebagai generasi Penerus dari Windows 7 akan memiliki performa yang lebih baik dari windows 7, bahkan dengan tambahan GUI retro sekalipun.
Seperti halnya Smartphone, Windows 8 hadir dengan lockscreen baru, dengan wallpaper yang dapat diganti dan disesuaikan, widget yang dilengkapi dengan notifikasi seperti jam digital, hari dan tanggal, indikator baterai, jumlah email yang belum terbaca, dsb.
Untuk membuka lockscreen, Anda hanya perlu menggeser layar ke atas bila Anda menggunakan perangkat dengan layar sentuh, dan tekan tombol space bila Anda menggunakan PC biasa. Setelah itu Anda akan diminta memasukkan password untuk logon seperti biasa, atau bila Anda mempunyai perangkat dengan layar sentuh, Anda dapat mencoba picture password, yang dapat dibuka dengan gesture tertentu yang telah diset sebelumnya.
images
Setelah logon, Anda akan disambut start screen dengan tampilan khas Windows 8. Start screen Windows 8 dapat dikatakan sangat mirip dengan tampilan start screen Windows Phone, karena memang dioptimalkan untuk layar sentuh. Tampilan start screen Windows 8 terdiri dari kotak-kotak yang disebut tile, setiap tile mewakili notifikasi dan informasi dari aplikasi yang diwakilinya, misalnya tile dari aplikasi email akan menampilkan jumlah email yang belum Anda baca, tile dari aplikasi kalender akan menampilkan tanggal saat ini disertai dengan jadwal kegiatan Anda, dsb.
Anda juga dapat membuat tile untuk aplikasi-aplikasi favorit Anda, seperti game dan juga aplikasi-aplikasi lama dari Windows 7. Bila Anda ingin beralih ke desktop tradisonal Windows 7, cukup tekan Win + D atau klik pada desktop tile yang tersedia secara default pada start screen.
Dekstop Windows 8 tidaklah terlalu jauh berbeda dengan dekstop Windows 7, sekilas Anda tidak akan menemukan perbedaan yang mencolok. Anda akan menemukan taskbar, ikon-ikon di dekstop, dan jendela aplikasi yang sudah sangat akrab dengan keseharian Anda. Tetapi, Anda akan kehilangan efek transparan pada taskbar dan jendela aplikasi yang Anda buka. Start menu juga menghilang dari Windows 8, digantikan dengan start screen yang sudah kita bahas sebelumnya.
Aplikasi full screen Windows 8 merupakan aplikasi yang didesain untuk tablet. Aplikasi-aplikasi tersebut mendukung kendali sentuhan penuh, seperti gesture dan pinch to zoom. Meskipun begitu, Anda masih dapat menggunakan mouse dan keyboard untuk berinterkasi dengan aplikasi tersebut.
Setiap aplikasi full screen memiliki beragam opsi, seperti opsi pencarian (search), share, dansetting yang dapat diakses melalui charm bar. Untuk mengakses charm bar, Anda dapat menggeser pojok kanan layar ke kiri atau tekan Win + C.
Salah satu fitur utama Windows 8 adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan, bukan sekedar multi tasking, tapi benar-benar menjalankan aplikasi secara bersama-sama dalam satu layar secara bersebelahan. Mungkin fitur tersebut mengingatkan Anda pada game dengan dukungan split screen, iya, dapat dianalogikan seperti itu. Misalnya saja, Anda dapat menonton video di sisi kiri layar sambil chatting dengan teman Anda melalui Facebook di sisi kanan layar.
Tampilan Windows Store sekilas nampak seperti start screen Windows 8, terdiri dari berbagai tileyang berjajar mewakili aplikasi-aplikasi dalam beberapa kategori. Di Windows Store, Anda akan menemukan beragam aplikasi yang kompatibel Windows 8, tidak hanya aplikasi full screen untuk tablet, tetapi juga aplikasi tradisional untuk Windows 7, baik yang gratis maupun berbayar.
Microsoft menyediakan fasilitas sinkronisasi data yang ada di Windows 8 dengan media penyimpanan awan (Cloud Storage). Semua data Anda, dari kontak, foto, sampai data dari aplikasi yang terinstall di Windows 8 akan tersedia secara online dan dapat diakses melalui perangkat Windows 8 lain (dengan login terlebih dahulu tentunya).
Dengan login menggunakan akun Microsoft pada perangkat Windows 8 lain, tema, bahasa, setting aplikasi, taksbar, dan berbagai preferensi lainnya dari Windows 8 Anda akan tersedia pada perangkat tersebut.
Windows Explorer pada Windows 8 tampaknya terinspirasi dari Microsoft Office. Mengusung Ribbon UI, Windows Explorer pada Windows 8 memiliki jajaran menu yang mirip dengan menu-menu pada Microsoft Office, baik fungsi maupun tampilannya.
Microsoft akhirnya mendesain ulang task manager pada Windows 8, lebih sederhana dalam hal tampilan, tapi mampu menampilkan berbagai informasi secara mendetail, seperti aktivitas CPU, RAM, aplikasi yang sedang berjalan, dsb.
Sekarang Anda tidak perlu lagi menginstall antivirus dari pihak ketiga, karena Microsoft telah mengintegrasikan Microsoft Security Essentials dengan Windows Defender. Tampilannya sama dengan Windows Defender Windows 7, namun dengan fungsi yang lebih ditingkatkan.
Mungkin masih banyak fitur Windows 8 yang belum Santekno sebutkan, cara terbaik untuk mengetahui semua fitur-fitur terbaru Windows 8 adalah dengan mencobanya sendiri. Anda dapat membeli Windows 8 melalui Microsoft Store.


Komentar

Comments are closed.